Selasa, 03 Januari 2012

Manfaat Buah Pisang


Inilah manfaat Buah Pisang bagi kesehatan
 – Sobat selpro, pada kesempatan kali ini, Saya akan share sedikit mengenai faedah atau manfaat buah pisang bagi kesehatan. Yup buah pisang sangat familiar di seantero negeri kita Indonesia, dari pedalaman sampai perkotaan kita tidak sulit untuk mendapatkan buah pisang ini, lalu apakah kita tahu manfaatnya???, nah berikut ini manfaat buah pisang..

  • Bagi para pelajar dan pekerja yang membutuhkan banyak konsentrasi juga akan banyak merasakan manfaat pisang. Dengan makan pisang pada saat sarapan pagi dan saat makan siang, ini terjadi karena kandungan kalsium yang tinggi dalam buah pisang. Kalsium juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan kewaspadaan dan juga konsentrasi.
  • Manfaat pisang selanjutnya adalah sebagai obat mabuk. Untuk mengatasi rasa mual pada perut karena mabuk, milkshake pisang dicampur dengan madu. Manfaat pisang disini untuk menenangkan perut yang mual, dan madu untuk meningkatkan kadar gula darah.
  • Manfaat pisang sebagai obat sakit jantung. Buah pisang mengandung efek antisid yang akan meringankan rasa sakit pada hati. Makan buah pisang secara teratur juga akan mengurangi resiko stroke sampai 40 persennya.
  • Manfaat pisang untuk mengatasi mual saat hamil atau sering disebut dengan morning sickness. Seperti diketahui, pada wanita yang sedang hamil muda (biasanya usia kandungan dibawah 3 bulan) sering mengalami mual dan susah makan. Dengan ngemil buah pisang sesering mungkin, akan membantu mengatasi rasa mual, dan juga membantu asupan gizi sebagai makanan sehat bagi ibu hamil.
  • Manfaat pisang untuk membantu menenangkan saraf. Kandungan kadar vitamin B yang tinggi pada buah pisang bisa membantu sistem saraf lebih tenang. Juga kandungan potasium yang terdapat adlam pisang bermanfaat untuk mengurangi stress.
  • Manfaat pisang juga bisa untuk membantu pecandu yang sedang berusaha untuk menghentikan kebiasaan merokok. Kandungan Vitamin, magnesium dan kalium yang terdapat dalam pisang, membantu tubuh dalam proses penyembuhan dari efek nikotin.
  • Manfaat pisang sebagai makanan pendingin untuk memperbaiki kondisi emosional dan fisik pada ibu hamil. Buah pisang akan menurunkan suhu dalam kandungan, sekaligus membantu bayi lahir dengan suhu normal.
  • Manfaat pisang juga akan terasa pada anda yang sedang dalam masa menstruasai atau datang bulan. Vitamin dan glukosa yang terkandung di dalamnya akan membantu menenangkan suasana hati saat menjelang menstruasi.
  • Manfaat pisang akan berguna pada penderita penyakit maag. Selain bisa mencegah sakit maag bagi yang belum mengidapnya, juga membantu meringankan rasa sakit pada usus bagi penderita sakit maag. Buah ini juga akan membantu me-netralisir iritasi pada usus dan mengatasi ulkus over kronis.
  • Manfaat pisang ternyata juga bisa sebagai obat kutil. Plester kulit pisang dengan posisi bagian dalam di atas kutil.
  • Manfaat pisang untuk membantu mengatasi anemia. Pada buah pisang terdapat zat besi yang akan merangsang tubuh dalam memproduksi hemoglobin dalam darah.
  • Selain itu, manfaat pisang juga untuk penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pada buah pisang mempunyai kandungan zat kalium yang tinggi tetapi rendah kandungan garamnya. Hal ini yang menyebabkan manfaat pisang juga bagus untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga mencegahnya. Salah badan kesehatan di Amerika bahkan mengijinkan produsen obat-obatan dari buah pisang ini mengklaim kalau pisang bisa menurunkan resiko stroke dan tekanan darah.
  •  Manfaat pisang juga untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Kadar serat yang tinggi dalam buah pisang akan membantu menormalkan kerja sistem percernaan dalam tubuh. Ini akan bermanfaat untuk mengatasi sembelit tanpa harus memakai obat pelancar sembelit.
  •  Manfaat pisang juga bisa membantu mengatasi depresi. Penderita depresi akan merasa lebih baik setelah mengkonsumsi buah pisang ini. Hal ini karena buah pisang mengandung tryptophan (sejenis protein) yang akan diubah menjadi serotonin dalam tubuh. Serotonin ini akan memberikan efek rileks, santai dan memperbaiki mood bagi penderita depresi.[sb]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar